Wednesday 17 August 2011

sekarang atau tidak akan pernah sama sekali

Hello guys selamat malam, entah apa yang mengusikku malam ini entah kenapa aku terus trpikirkan akan dunia broadcasting yang selama ini ku jalani, malas nyalain laptop (pewe) blackberry pun kujadikan alat buat menuangkan apa yang membayangi pikiran ku saat ini.

Dunia broadcasting bukanlah dunia yang asing lagi bagi saya saat ini, nge-MC di kampus dengan begitu banyak event sudah saya jalani, tapi hasilnya ? Yah begitu begitu saja, saya masih stat disitu situ saja.
Maksudnya ? Stat disitu situ saja ?

Jujur awal saya mengenal yang namanya dunia broadcast yah pada saat saya duduk dibangku kuliah, awalnya saya iseng iseng diajak teman untuk join di ukm broadcast saat itu yang kini entah kemana ukm broadcast itu. Awalnya saya ragu, ngga yakin akan kemampuan saya sendiri apakah saya bisa jadi seorang announcer ? Saya tidak punya basic sama sekali loh, ngomong depan umum paling kalau lagi diskusi antar kelompok atau mimpin doa buka puasa dirumah saya. Tapi saya harus bisa, ini tantangan dan terlalu pengecut saya jika mundur sebelum mencoba, pemikiran saya saat itu. But there is another reason why I want to join at that time. Sebetulnya dari sebelum saya duduk dibangku kuliah, saya memang sudah tertarik dengan yang namanya dunia broadcast, melihat orang dengan lancarnya ngomong depan umum, melihat betapa atraktifnya seorang MC diatas panggung, mendengar betapa asyik nya seorang penyiar ngoceh syalala di radio sungguh membuat saya sangat tertarik akan dunia tersebut. Tapi apa daya, waktu itu (tepatnya SMA) kepercayaan diri saya sangat minus, saya tidak pernah yakin akan kemampuan dan penampilan saya untuk menjadi seorang yg terjun didunia broadcast. Karena dalam pikiran saya itu, seorang broadcaster itu harus keren, ganteng, cool, tinggi, pokoknya seperti coki sitohang lah kalau ngga indra bekti lah.

Masih ingat waktu pesta seni SMA saya waktu itu, lagi lagi saya cuman terlibat sebagai penonton setia, waktu itu MC nya teman SMA saya sendiri, ngeliat mereka ngomong depan umum, memimpin acara yang menurut saya belum terlalu perfect. Kayaknya kalau seperti itu saya juga bisa deh, mungkin lebih bagus, tapi yah itulah saya waktu itu, cuman bisa nunjukin dalam hati saja kalau saya bisa, ngomong depan cermin seolah olah saya ini MC papan atas negri ini tidak lupa dengan mengunci pintu kamar, setidaknya mereka ngga punya nyali yang ciut seperti saya. Hahaha anak SMA yang cupu, disaat semua orang berlomba lomba memperlihatkan kemampuan mereka, saya justru stat dikamar ngoceh nge-MC buat diri saya sendiri.

Kembali lagi sampai mana tadi ? Yah waktu saya join di ukm broadcast kampus saya.
Aduh gimana ini ? Saya mau keluar saja lah, itulah benak saya sebelum pertemuan pertama saat itu dimulai. Sampai akhirnya tiba suatu hari untuk pertemuan pertama ukm tersebut.banyak orang, rame gila, saya ? Duduk dibelakang tanpa mengenal satupun, dalam hati saya , aduh mereka ini penyiar2 dari mana ? Prambors ? 99ers ? Ardan ? nah saya sendiri ? Waduhh !!

Sampai akhirnya pengurus ukm broadcast berbondong bondong masuk keruangan pertemuan yang notabenenya senior saya. Ada 2 sosok yang langsung menyita perjatian saya, cowok dan cewek. Yang cowok saya lumyan tau orangnya, namanya Zacky, soalnya dia adalah panitia nso saya kala itu, dia sering nge-MC waktu acara NSO (new student orientation) angkatan saya. Dan yang satunya lagi ? Seorang cewek yang dari segi penampilan dimata saya sangat menarik, keren menurut saya, dan namanya Dina meidianti ketua ukm broadcast kalau tidak salah kala itu, sebelum join di ukm broadcast saya sudah pernah liat kak dina sebelumnya, suka aja liat gayanya yang kadang cuek dan keliahatan smart. Pengen suatu saat bisa kenal terus jadi teman deh, (biasalah junior lagi nyari nyari teman saat itu, apalagi dengan senior kelihatan wah aja kalau junior bisa akrab ma senior2nya).

Testing pun di mulai, perkenalan pun dimulai, tapi sebelum itu, tiap orang yang masuk ke ukm ini harus terlebih dahulu mengirim sample voice untuk dinilai. Dan saya pastinya harus ngirim dong, tiba saatnya pengumuman untuk 5 sample terbaik kala itu.
Yakin masuk sih ngga, tapi berharap wajar kan yah, peringkat ke 5, ke 3 sampai ke 2 nama saya belum disebut, hadehh emang gak bakalan masuk kok, sampai akhirnya peringkat 1 kala itu di pegang oleh putri yang basicnya nyiaran di medan dari kecil.
Yaiyalah tata bahasanya rapih banget, suaranya sungguh enak didengar, lah saya sendiri ? Baru kali ini bikin sample voice seperti ini, tapi tak lama kemuadian kala itu kak zacky langsung memuji sample voice saya, yang namanya irwanda mana ? Menurut saya sample voicenya lumayan walaupun tatanan bahasanya masih perlu diperbaiki. Serentak saya bengong, apa dia ngga salah nyebut ? Muji sample voice saya ? Yang notabenenya saya tidak punya basic sama sekali, dengar radio aja terakhir pas SMA, bagaimana mungkin punya saya lumayan bagus, that's mean kalo saya memang punya bakat kali yah ? (Kagum pada diri sendiri kala itu).

Tiba tiba entah kenapa kak dina langsng manggil,

"yang mana orangnya ? Naik keatas dong ?"

What ? Naik ketasa ?didepan penyiar penyiar senior dari kota asal mereka masing2 ? Apa kabarnya jika saya disuruh on air depan mereka semua ? Bisa malu saya !!

Okay naiklah saya, itulah pertama kali saya resmi berkenalan dengan sosok Dina meidianti yang kalau boleh dibilang lumayan famous dikampus saya.

"Okay kak, kenapa ?"
Tanya saya dengan lemas kala itu,

"Voice kamu lumayan loh pas saya dengar .. Pernah nyiar atau apa gitu ?"

What ? Nyiar ? Liat isi studio radio saja belum pernah, apalagi nyiar.

"Belum pernah kak, ngga ada basic sama sekali."

"Ohh ya ? Masa sihh ?" Balas dina dengan nada agak penasaran waktu itu, masih teringat jelas.
Semakin GR lah saya dalam hati, kalau saya benar benar punya bakat berarti. Iya ngga sih ?

Hahaha kalau mau cerita tentang my first join in broadcast bakalan jadi satu buku deh ni blog saya,
Nah sekarang yang jadi permasalahan, semenjak waktu itu bisa dibilang saya memiliki perkembangan yang signifikan didunia broadcast, ke vakuman ukm broadcast tidak meghambat saya untuk tetap mengembangkan bakat saya di dunia broadcast, my first MC at STEP 2009 merupakan awal karir saya di panggung nge-MC. Mulailah saya dipercayakan nge MC acara acara kampus, acara ini itu,, seringnya sih saya nge MC with my best partner ever NOVIA LIESTARINI, orang ini bener bener tahu watak saya kalo lagi nge-MC, kalau udah mulai BT karena panitia acara yang gak jelas, pasti via (nick namenya) tau dan langsung berusaha menenangkan saya (hahaha tahnkyuuu via) sampai akhirnya, kak dina sadar atau tidak untuk pertama kalinya saya dapat job MC bareng dia di acara yang bisa dibilang skalanya besar, acara roboitik Nasional, wahh akhirnya saya bisa nge-MC bareng kak Dina ? Waww sesuatu yang bisa dibilang hal yang saya tunggu tunggu, sosok yang menjadi inspirasi saya kini nge-MC bareng ama saya ? Senangnya ngga keampun deh, hahaha mungkin kak dina ga tau kali yah hehe waktu itu saya sempat bete sama pelatih kita waktu itu, jadi kan saya berpasangan ma kak dina, dan ada lagi satu pasangan MC dari kampus sebelah, nah karena saya tidak terlalu tinggi, saya terancam diganti pasangan, what ? Ini pertama kalinya saya nge MC dengan kak dina terancam batal ? Waduhhh, toh saya lakukan yang terbaik biar saya tidak digantikan saat itu. Finally well done, tugas kita selesaikan dengan baik. Menjadi suatu pengalaman tersendiri bagi saya ngeMC bareng kak dina. Thanks :):)

Tapi kini sudah mulai mengusikku akan dunia yang saya geluti ini. 2 tahun saya di Bandung, salah satu cita-cita saya yah ini, dunia broadcast, tapi apa yang saya dapatkan selama 2 tahun saya disini, nge-MC cuman dari acara 1 ke acara lain di kampus, paling kalo ada diluar itupun cuman bisa diitung jari. Dikandang mulu ? Kapan berkembangnnya ?. Teman saya yang asalnya sama dengan saya (parepare) kini sudah mulai nyiar disalah satu radio Bandung. Loh kok bisa ? Padahal menurut saya awalnya dia juga tidak ada basic di dunia broadcast sama seperti saya, dia ngga ada basic sekolah kok, ternyata dia memang serius, ngambil sekolah broadcast,dan sekarang ? Hasilnya bisa dibanggakan. Sedangkan saya ? Miris !!

Tiap malam saya kepikiran, harus melakukan sesuatu, saya tidak ingin besar dikandang mulu, saya ingin maju, naik satu level !! Saya masih ada kesempatan.
Sampai suatu hari saya curhat ke kak dina yang kini bisa dibilang saya akrab ma dia,

Me:
"Ping"
Kak dinaaaaa

Dina :
"Ia dekk kenapaaa ?"

Basa basi syalallalala
Sampai akhirnya saya masuk ke poin utama

"Kak saya ingin sekolah broadcast .."
Bla bla bla bla

Ketidak pedean akan basic saya yang cuman secuil jari, pengennya saya untuk mengembangkan apa yang telah ada didepan mata saya. Dengan penuh keraguan saya curhat saya cerita apa yang menjadi unek unek saya.

jawaban yang dewasa saya dapatkan dari kak dina, membuka mata saya kalau saya sebetulnya bisa, really really big thanks
Dan kini tekat bulat saya, move on cok, saya kuliah dibandung, 2 tahun tapi saya belum dapat apa apa sama sekali, padahal bandung itu bisa dibilang salah satu pusat apapun di Indonesia jika dibandingkan asal saya (sulawesi). Saya harus naik level, jangan jadi ikan besar dikolam kecil, tapi jadilah ikan kecil dikolam yang besar, kata kata ini terus terngiang ditelinga saya, sunggu sebuah kalimat bijak dari sosok seorang kak Dina really really smart person i think . okay mengawali langkah dengan pengiriman cv, sekolah broadcast semoga bisa membantu saya, dan kelak mungkin saya bisa jadi salah satu penyiar di Bandung, atau bahkan bisa nge-MC di panasonic award atau AMI award (hahaha impian yang begitu jauh untuk dicapai) tapi siapa tahu nasib satu orang, jika tuhan berkehendak nothing impossible in the world, jika saja umatnya mau berusaha dan berdoa padanya. who knows sekarang atau tidak akan pernah sama sekali

Bismillah :):)

No comments:

Post a Comment